definisi variabel terikat (dependent), bebas (independent), dan intervening (mediasi)
- Definisi dari variabel (dependent) terikat :
"Definisi konsep adalah variabel yang menjadi variabel yang dapat di ukur" (Ferdinand, 2006).
- Definisi dari variabel (independent) bebas :
"Variabel bebas (independent) adalah variabel yang mempengaruhi variabel terikat baik yang pengaruhnya positif ataupun yang pengaruhnya negatif" (Ferdinand, 2007).
- Definisi dari variabel (mediasi) intervening :
"Variabel Intervening atau Variabel Mediasi adalah variabel antara yang menghubungkan sebuah variabel dependen (terikat) yang dianalisis" (Ferdinand, 2007).
untuk penjelasan bisa seperti ini :
misalkan kita ingin membuat sebuah penelitian dengan judul "ANALISIS PENGARUH BRAND EQUITY, KUALITAS PELAYANAN DAN WORD OF MOUTH POSITIF TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN DENGAN KEPUASAN KONSUMEN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING" maka dalam penelitian ini yang menjadi Variabel terikatnya adalah Loyalitas Konsumen, yang menjadi variabel bebasnya adalah Brand Equity, Kualitas Pelayanan dan Word Of Mouth Positif, dan yang menjadi variabel interveningnya adalah Kepuasan Konsumen.
sekian yang dapat saya sampaikan, apabila ada kesalahan mohon untuk memberitahukan. terimakasih.
"Definisi konsep adalah variabel yang menjadi variabel yang dapat di ukur" (Ferdinand, 2006).
- Definisi dari variabel (independent) bebas :
"Variabel bebas (independent) adalah variabel yang mempengaruhi variabel terikat baik yang pengaruhnya positif ataupun yang pengaruhnya negatif" (Ferdinand, 2007).
- Definisi dari variabel (mediasi) intervening :
"Variabel Intervening atau Variabel Mediasi adalah variabel antara yang menghubungkan sebuah variabel dependen (terikat) yang dianalisis" (Ferdinand, 2007).
untuk penjelasan bisa seperti ini :
misalkan kita ingin membuat sebuah penelitian dengan judul "ANALISIS PENGARUH BRAND EQUITY, KUALITAS PELAYANAN DAN WORD OF MOUTH POSITIF TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN DENGAN KEPUASAN KONSUMEN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING" maka dalam penelitian ini yang menjadi Variabel terikatnya adalah Loyalitas Konsumen, yang menjadi variabel bebasnya adalah Brand Equity, Kualitas Pelayanan dan Word Of Mouth Positif, dan yang menjadi variabel interveningnya adalah Kepuasan Konsumen.
sekian yang dapat saya sampaikan, apabila ada kesalahan mohon untuk memberitahukan. terimakasih.
mau nanya.. ini sumbernya dari buku apa ya?
ReplyDeletesaya dapat materi ini dari internet ka, tidak dari buku
Delete